Women Empowerment in Improving Family Welfare Through Red Ginger Cultivation

Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Budidaya Tanaman Jahe Merah

  • Putri Robiatul Islamiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhtadi Muhtadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: pemberdayaanperempuan, budidaya tanaman jahe,pengelolahan tanaman jahe.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang program pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui budidaya dan pengelelolahan tanaman jahe merah.Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Mengenai hasil penelitian ini, program pemberdayaan ini memiliki peranan penting dalam pemberdayaan perempuan melalui budidaya dan pengelolahan tanaman jahe merah di Kelurahan Pondok Pucung Kecamatan Karang Tengah Kota Tangerang. Berdasarkan pelaksanaannya program pemberdayaan perempuan ini mampu meningkatkan keterampilan para perempuan dalam budidaya dan pengelolahan jahe merah. Adapun hasil dari program pemberdayaan perempuan yang dilakukan adalah kemandirian ekonomi keluarga, meliputi; meningkatkan produktifitas pendapatan dalam keluarga, kesadaran untuk menabung, menentukan prioritas kebutuhan, dan optimis. Meningkatkan produktifitas pendapatan dalam keluarga, menciptakan kemandirian untuk memiliki penghasilan tambahan dalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Mandiri secara keuangan dan tidak bergantung kepada orang lain. Kesejahteraankeluarga Dengan mengembangkan kreatifitas dan potensi diri di bidang budidaya dan pengelolahan jahe, akhirnya para perempuan yang ikut berpartisipasi dapat memiliki penghasilan sendiri dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga serta membantu kepala keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I. R. (2002). Pemikiran-pemikiran dalam pembangunan Kesejahteraan Sosial. Lembaga Penerbit, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Hidayati, N. (2006). Metodologi Penelatian Dakwah: Dengan Pendekatan Kualitatif. UIN Jakarta Press.

Komalasari, S. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Keterampilan Menjahit di Rusun Pinus Elok Blok A, Penggilingan, Jakarta Timur. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(1), 86–94.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, & Hermansah, T. (2013). Manajemen Pengembangan Masyarakat Islam. UIN Jakarta Press.

Pinesti, B. H. (2018). Pemberdayaan Perempuan Pasca Gempa Bumi Melalui Progam Kredit Mikro Koperasi Syari’ah Gemi di Miri Sewon Bantul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 2(2), 307–330.

Rejeki, D. S., & Yusup, P. M. (2020). Pengalaman Berwirausaha Berbasis Membaca Online di Kalangan Ibu Rumah Tangga. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 201–212.

Robani, M. M., & Ekawaty, M. (2019). Analisis dampak pemberdayaan perempuan terhadap kesejahteraan keluarga. AL-MUZARA’AH, 7(1), 1–18.

Romdhoni, A. (2014). Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga. Jakarta: Bimas Islam. Jurnal Bimas Islam, 7.

Susanto, H. B. (2017). Sukses Budi Daya Jahe Organik Di Pekarangan Dan Perkebunan. Andi Publisher.

Utami, A., Sriati, S., & Yunindyawati, Y. (2019). Hubungan Peran Pendamping dengan Partisipasi Pelaku Industri Rumahan dalam Program Pemberdayaan Perempuan di Kota Palembang. Jurnal Penyuluhan, 15(1)

Published
2022-07-31
How to Cite
Islamiyah, P. R., & Muhtadi, M. (2022). Women Empowerment in Improving Family Welfare Through Red Ginger Cultivation: Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Budidaya Tanaman Jahe Merah. Progress In Social Development, 3(2), 55-62. https://doi.org/10.30872/psd.v3i2.39
Section
Articles