FARMERS' SOCIO-ECONOMIC DEVELOPMENT AS AN INDICATOR OF COMMUNITY DEVELOPMENT SUCCESS

PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI PETANI SEBAGAI INDIKATOR KEBERHASILAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT

  • Anugrah Fitri Jalil Universitas Tanjungpura
  • Reiki Nauli Harahap Universitas Tanjungpura
  • Annisya Cantika Shelomitha Universitas Tanjungpura
  • Farah Zhafira Universitas Tanjungpura
  • Rista Amanda Universitas Tanjungpura
Keywords: Sosial, Ekonomi, Masyarakat

Abstract

Pembangunan masyarakat adalah suatu bentuk perubahan sosial yang direncanakan dan di arahkan sedemikian rupa sehingga masyarakat mengubah fungsi lahan pribadi mereka. Seperti para petani di Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada awalnya para petani di Desa Durian ini bermata pencaharian sebagai petani karet, dan sekarang berubah menjadi petani buah-buahan dan sayuran, karena harga karet yang terus-menerus menurun. Bagi Rostow, pertumbuhan ekonomi akan tercapai jika didampingi dengan perubahan-perubahan lain dalam masyarakat. Rostow berpendapat bahwa kemajuan pada sektor pertanian memiliki peranan yang penting dalam masa peralihan saat akan mencapai tahapan tinggal landas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menjelaskan data penelitian secara relevan berdasarkan literatur dan informasi yang diperoleh, sehingga diperoleh gambaran objek penelitian yang jelas dan akurat. Penelitian memiliki peranan penting dalam perekonomian masyarakat desa. Dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang bermata pencaharian di sektor pertanian. Begitu pun di Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang, pertanian menjadi salah satu sektor perekonomian yang banyak di tekuni oleh masyarakat. Sebagian besar masyarakat Desa Durian bermata pencaharian sebagai petani karet, dan buruh bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jeberta Tefilah Modes, R. N. H. Analisis Sektor Unggulan di Provinsi Kalimantan Barat. Forum Analisis Statistik Juni 35–45 (2021) doi:https://doi.org/10.57059/formasi.v1i1.10.
Sandi Nurdin, Widiatmaka & Khursatul Munibah. PERENCANAAN PENGEMBANGAN LAHAN SAWAH DI KABUPATEN KUBU RAYA. Journal of Natural Resources and Environmental Management 6, 1–12 (2016).
Prof. Dr. Elfindri, M. A., Dr. Hendro Ekwarso, M. Si. & Dr. Zamzami, M. S. Ekonomi Pembangunan Daerah. vol. 1 (2019).
Djafar, F. Karet: Komoditi Strategis di Kalimantan Barat. (2017).
Published
2023-06-13
How to Cite
Anugrah Fitri Jalil, Reiki Nauli Harahap, Annisya Cantika Shelomitha, Farah Zhafira, & Rista Amanda. (2023). FARMERS’ SOCIO-ECONOMIC DEVELOPMENT AS AN INDICATOR OF COMMUNITY DEVELOPMENT SUCCESS: PERKEMBANGAN SOSIAL EKONOMI PETANI SEBAGAI INDIKATOR KEBERHASILAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT. Progress In Social Development, 4(2), 78-83. https://doi.org/10.30872/psd.v4i2.75
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)