EXPERIENCES OF PARENTS WITH AUTISM AT THE AUTISM SERVICE CENTER IN BONTANG CITY
PENGALAMAN-PENGALAMAN ORANG TUA PENYANDANG AUTISME DI PUSAT LAYANAN AUTIS KOTA BONTANG
Abstract
Kota Bontang menjadi kota yang sangat kuat memperhatikan layanan terhadap anak-anak autis diantara kota-kota yang berada di Kalimantan Timur. Terdapat 5 Autis Center di Kota ini dengan layanan yang memadai. Tahun 2023, Dinas Kesehatan setempat mencatat ada 13 anak autis, akan tetapi diperkirakan kasus autisme di Bontang menyentuh angka 100-150 anak. Tingginya autisme di Bontang, diperkirakan akibat dari kepungan industri yang berpotensi menimbulkan dampak pada penurunan kualitas udara dan memberikan dampak terhadap kesehatan masyarakat, sehingga kasus ini perlu adanya perhatian khusus dari berbagai kalangan. Bagi orang tua dengan anak autis dihadapkan berbagai tantangan serta beban selama pengasuhan menghadapi tekanan-tekanan sosial baik dari lingkungan keluarga, sekolah anak dan lingkungan luar. Artikel ini menggambarkan pengalaman-pengalaman orang tua dalam merawat anak autis. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 5 orang tua anak penyandang autis dan beberapa terapis di sebuah pusat layanan anak autis di Bontang. Para orang tua penyandang Autis mendapatkan dukungan formal yang cukup kuat dinas terkait, terutama pada proses pendidikan dan layanan terapi di pusat layanan autis milik pemerintah. Namun di sisi lain, para orang tua mengalami berbagai tantangan saat merawat mereka di rumah, saat harus menghadapi tekanan keluarga maupun lingkungan luar.
Downloads
References
Bontangpost.Id.https://bontangpost.id/waduh-kualitas-udara-di-bontang- memburuk/#google_vignette
Astarini, D. (2020). Peran Aktif Orangtua Dan Guru Sekolah Inklusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Interaksi Sosial Anak Penderita Autisme. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 93–105. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1158
Campisi, L., Imran, N., Nazeer, A., Skokauskas, N., & Azeem, M. W. (2018). Autism spectrum disorder.
British Medical Bulletin, 127(1), 91–100. https://doi.org/10.1093/bmb/ldy026
Dewi, R., Inayatillah, & Yullyana, R. (2018). Pengalaman Orang Tua Dalam Mengasuh Anak Autis di Kota Banda Aceh. Jurnal Psikologi, 3, 288–301.
Hasanah, N. S., Irfan, N., & Shanty, K. (2020). Dukungan Sosial pada Anak dengan Autisme dari Orang Tua yang Memiliki Lembaga Pendidikan dan Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). 1(3), 207–
223. https://doi.org/10.1234/jah.v1i3.4168
Iasha, A. E. B., & Masykur, A. M. (2022). Anakku “Berbeda” (Pengalaman Menjadi Ibu Dari Remaja Autis).
Jurnal EMPATI, 11(1), 32–43. https://doi.org/10.14710/empati.2022.33358
Kardilah, N., Gunawan, I. K., & Budiman. (2018). Studi tentang Kepedulian Pemerintah Kota terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Bontang. Ilmu Pemerintahan, 6(2), 711–722.
Murlianti, S., Demartoto, A., Johansyah, M., & Agustiorini, S. (2022). The Hegemony Of The Coal Mining Corporation, The Destruction Of The Kutai Rice Barn Center And The Damage To The Living Space Of Transmigrants. Eduvest - Journal of Universal Studies, 2(8), 620–635. https://doi.org/10.59188/eduvest.v2i8.556
Murlianti, S., & Nanang, M. (2021). Social Hermeneutic Analysis of Village Lockdown to Prevent the Transmission of the Covid-19 Pandemic in Bontang Kuala Village, Bontang, East Kalimantan, Indonesia. Proceedings of The 5th International Academic Conference on Humanities and Social Sciences, September, 19–21. https://www.dpublication.com/proceeding/5th-iachss/
Murlianti, S., Nanang, M., Rahman, A., & Rustam. (2023). Local Wisdom Identification of Peatland Management in Inland Villages of Nunukan Regency, North Kalimantan, Indonesia. E3S Web of Conferences, 444, 1–13. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202344403014
Murlianti, S., & Rupang, P. (2023). Analisis Wacana Penggunaan Air Bekas Lubang Tambang Untuk Sumber Air Baku Pdam Kota Bontang: Alternatif Solusi Kebutuhan …. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi …, Fitriyanti 2016, 1–3. https://pkns.portalapssi.id/index.php/pkns/article/view/61%0Ahttps://pkns.portalapssi.id/index.php/p kns/article/download/61/61
Prof. Dr, Mega Iswari Biran, M.pd & Dr. Nurshastuti, M. p. (2018). Pendidikan Anak Autisme (Tim Pena (ed.)).
Purba, J., Sri Murlianti, & Nanang, M. (2017). Masyarakat Bugis diaspora di Bontang abad XX.
Rustini, T. (2022). Pendekatan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Teacher Interpersonal Communication Approach In Improving Social Interactions Of Autistic Children. 1(2), 174–180.
Siti, A., Marlina, E., & Effendy, D. I. (2020). Pengembangan Interaksi Sosial Anak Autis melalui Terapi Applied Behavior Analysis. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(3), 271–288. https://doi.org/10.15575/irsyad.v8i3.1977
Tarigan, A. F. (2019). Pola Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Kota Padang. 17, 43–52.
Yuswatingsih, E. (2021). Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis Endang, 13(2).
Harvard School of Public Health. Exposure to high pollution levels during pregnancy may increase risk of having child with autism. https://www.hsph.har-vard.edu/news/press-releases/exposure-to-highpollution-levels- during-preg-nancy-may-increase-risk-of-having-child-with-autism/ (diakses 26 juli 2023)