EVALUATION OF THE COMMUNITY DEVELOPMENT AND EMPOWERMENT PROGRAM (PROBEBAYA) IN RT.43 SEMPAJA TIMUR DISTRICT, NORTH SAMARINDA DISTRICT, SAMARINDA CITY

EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PRO-BEBAYA) DI RT.43 KELURAHAN SEMPAJA TIMUR, KECAMATAN SAMARINDA UTARA, KOTA SAMARINDA

  • Debbya Larasati Universitas Mulawarman
  • Zulkifli Abdullah Universitas Mulawarman
Keywords: Evaluasi Program, Evaluasi CIPP, Pro-Bebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengevaluasi, dan mendeskripsikan pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro-Bebaya) di RT.43 Kelurahan Sempaja Timur dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) beserta indikator yang berkaitan dengan aspek CIPP, tujuan dan prinsip Pro-Bebaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan model evaluasi CIPP. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pro-bebaya di RT.43 Kelurahan Sempaja Timur terdapat perubahan kepengurusan RT pada tahun 2022 serta adanya permasalahan terkait pokmas yang tidak terlibat secara aktif di tahun 2021-2022 namun telah dievaluasi oleh pihak kelurahan dan ditemukan beberapa hambatan terkait anggaran dan pengelolaan waktu oleh RT. Penyusunan dan perencanaan program dilakukan secara transparan dan partisipatif oleh RT, kelurahan, dan masyarakat dan pada hasil program ditemukan hasil evaluasi yang mencerminkan terwujudnya tujuan dan prinsip pro-bebaya yang mencakup program di bidang infrastruktur, ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, dan kepemudaan serta memberikan dampak yang berkelanjutan dan respon positif dari masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, John W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Edisi Keempat (Cetakan Kesatu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Creswell, John W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar.
Kaltim Today. (2022). Pro-Bebaya Jawab Kebutuhan Masyarakat Tingkat Bawah, Pemkot Samarinda Diminta Gencar Sosialisasi. Diakses pada 28 April 2023 dari https://kaltimtoday.co/pro-bebaya-jawab- kebutuhan-masyarakat-tingkat-bawah-pemkot-samarinda-diminta- gencar-sosialisasi.
Kurniawati, Esti. (2021). “Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product)”. GHAITSA: Islamic Education Journal, Volume 2 Issue 1 Tahun 2021.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Pemerintah Kota Samarinda. (2022). Buku Pintar Pelaksanaan Program Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat (PROBEBAYA). Pemerintah Kota: Samarinda.
Pemerintah Kota Samarinda. (2021). Perubahan RPJMD Kota Samarinda 2021-2026. Pemerintah Kota: Samarinda.
Pemerintah Kota Samarinda. (2022). Peraturan Wali Kota Samarinda Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Sekretariat Kota: Samarinda.
Pemerintah Pusat, Kemendagri. (2018). Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 Tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. Kemendagri: Indonesia, Jakarta.
Pojoknegeri. (2022). “Taufik Syam Raih Gelar RT Terbaik Non Infrastruktur di Samarinda, Manfaatkan Kotoran Hewan jadi Media Tanam”. Diakses pada 05 April 2023 dari https://pojoknegeri.com/taufik- syam-raih-gelar-rt-terbaik-non-infrastruktur-di-samarinda- manfaatkan-kotoran-hewan-jadi-media-tanam?page=2
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Rosini, Iin. (2023). Metode Penelitian Akuntansi Kuantitatif dan Kualitatif. Indramayu: CV Adanu Abimata.
Sukiati. (2016). Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar. Medan: CV. Manhaji.
Tribun Kaltim. (2022). “RT 07 Sidodadi dan RT 43 Sempaja Timur Samarinda Raih Penghargaan Pro Bebaya Award 2022”. Diakses pada 05 April 2023 dari https://kaltim.tribunnews.com/2023/01/28/rt-07-sododadi-dan-rt-43- sempaja-timur-samarinda-raih-penghargaan-pro-bebaya-award-2022
Winaryati, dkk. (2021). Model-Model Evaluasi Aplikasi dan Kombinasinya. Banguntapan: Penerbit KBM Indonesia.
Published
2024-01-11
How to Cite
Debbya Larasati, & Zulkifli Abdullah. (2024). EVALUATION OF THE COMMUNITY DEVELOPMENT AND EMPOWERMENT PROGRAM (PROBEBAYA) IN RT.43 SEMPAJA TIMUR DISTRICT, NORTH SAMARINDA DISTRICT, SAMARINDA CITY: EVALUASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PRO-BEBAYA) DI RT.43 KELURAHAN SEMPAJA TIMUR, KECAMATAN SAMARINDA UTARA, KOTA SAMARINDA. Progress In Social Development, 5(1), 106-112. https://doi.org/10.30872/psd.v5i1.82