ANALYSIS OF THE PT PERTAMINA EP SANGATTA FIELD COMMUNITY DEVELOPMENT MODEL IN PENGEMBANGAN TANI HUTAN KELULUT SANGATTA (PROLEKTA) PROGRAM
ANALISIS MODEL PENGEMBANGAN MASYARAKAT PT PERTAMINA EP SANGATTA FIELD DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN TANI HUTAN KELULUT SANGATTA PROLEKTA
Abstract
Konsep Corporate Social Responsibility telah diterapkan oleh berbagai perusahaan sebagai strategi dalam berperan aktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar perusahaan. Pertamina EP Sangatta Field melalui Program Pengembangan Tani Hutan Kelulut Sangatta (PROLEKTA) ikut memberikan andil dalam peningkatan ekonomi dan pelestarian hutan di wilayah Sangatta Selatan yang menyasar kepada Kelompok Tani Hutan Kelulut Trigona Reborn di Desa Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan riset ini untuk menganalisa model pengembangan masyarakat secara detail dan mendalam pada PROLEKTA yang mengupayakan pelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi kelompok tani hutan kelulut di wilayah Desa Sangatta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi terhadap Kelompok Tani Hutan Kelulut Trigona Reborn. Hasil dari penelitian ini adalah Program Pengembangan Tani Hutan Kelulut Sangatta (PROLEKTA) oleh Pertamina EP Sangatta telah mengimplementasikan tiga model pendekatan yaitu melalui masyarakat lokal, perencanaan sosial, dan aksi sosial yang diwujudkan dalam terobosan Advance Edu-Wisata Agrosilvopastura yang berfokus pada dampak ekonomi dan lingkungan di Desa Sangatta Selatan. Program Pengembangan Tani Hutan Kelulut Sangatta (PROLEKTA) oleh Pertamina EP Sangatta dapat dijadikan referensi model pengembangan Edu-Wisata yang baik bagi perusahaan maupun kelompok tani lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang ikut serta melindungi dan menjaga lingkungan
Downloads
References
Agustana, P. (2020). Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Strategi Dalam Pembangunan Sosial. Dalam Locus Majalah Ilmu FISIP Vol. 12 No.1
Ernawan & Erni R. (2015). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Jurnal Manjemen dan Bisnis ISSN 1829-8680 Pusat Penerbit Universitas.
Hendrawati, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. Makassar: De La Macca.
Herman. (2018). Manfaat Corporate Social Responsibility oleh Stakeholder Primer dan Sekunder (Studi Kasus PT. Asia Sawit Makmur Jaya Provinsi Riau). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial– Vol. 2 No. 2
Hikmat, H. (2013). Strategi Pemberdayaan Masyarakat: Bandung: Humaniora Utama Press
Ife, J. (1995). Community Developmen: Creating Community Alternative, Vision, Analysis and Practice, Melbourne Longman. Australia. Pty Ltd.
Kasali, R. (2018). The Great Shifthing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility). Alfabeta: Bandung
Maspaitella & Nancy, R. (2014). Pembangunan Kesejahteraan Sosial: Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendekatan Pekerjaan Sosial. Aspirasi Vol. 5 No. 2
Mustangin., Desi, K., dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 2(1):59-72
Nayenggita, G.B., Raharjo, S.T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61-66
Paine, M. (1997). Modern Social Work Theory: Second edition. London Mac Millan Press Ltd
Pradikta., Hervin, Y., Siti, S., & Tiara, R. D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaatandan Pembuatan Kebun Tanaman Obat Keluargapada KomunitasIbu PKK Di PekonBanjar Agung Udik, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus. Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.
Prayitno, & Ujianto, S .(2013). Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi Sekretariat Jenderal DPR RI dan Azza Grafika.
Putra & Dedi, K. S. (2015). Komunikasi CSR Politik: Membangun Reputasi, Etika, dan Estetetika PR Politik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rothman, Jack. (1996). The Interweaving of Community Intervention Approaches. Journal of Community Practice 3(3–4):69–99.
Saipullah, H & Devy, A. (2015). Pengantar CSR Sejarah Pengertian dan Konsep. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyabudi, A. (2021). Model Pemberdayaan Masyarakat Daerah Penyangga Kawasan Suaka Alam. 17(2):137–53.
Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Penerbit PT Refika Aditama.
Sukaris, S. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility Berbasis Kebutuhan Masyarakat. Jurnal Manajerial, 6(2), 30.
Sultoni, M. H. (2020). Corporate Social Responsibility (Kajian Korelasi Program CSR terhadap Citra Perusahaan) (A. Wafi, Ed.). Duta Media Publishing.
Thesalonika &, Risna, R. (2022). Praktik dan Dampak Model Locally Development di Indonesia Terhadap Masyarakat Setempat. JSCD (Journal of Sustainable Community Development) Vol. 4 No. 2
Wahyuni, D. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 9(1), 83-100.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.