The Assumption of Adult Education (Andragogy) in Gita Wirjawan's Podcast With Maudy Ayunda: Modern Kartini Dares To Challenge The Status Quo [Endgame 53e25]
Asumsi Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy) Dalam Podcast Gita Wirjawan Bersama Maudy Ayunda: Kartini Modern Berani Tantang Status Quo [Endgame 53e25]
Abstract
The purpose of this research is to find the assumptions of adult education (andragogy) in Gita Wirjawan's podcast with Maudy Ayunda. This research uses a qualitative approach with content analysis. The documentation material in this research is a podcast video with the title Maudy Ayunda: Kartini Modern Berani Tantang Status Quo [Endgame 53E25] with a duration of 1 hour 29 minutes 15 seconds and taken from the YouTube video sharing site. The total dialog related to adult assumptions is 30 points, including three assumptions, namely the assumption of knowledge needs, self-concept assumptions, and motivational assumptions. Meanwhile, three other assumptions such as experience, learning readiness and learning orientation did not appear. Of the 30 dialog points, the most common is the assumption of knowledge needs with 13 points, while there are 9 dialog points each containing self-concept assumptions and motivational assumptions. But the three assumptions are all continuous with each other.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan asumsi pendidikan orang dewasa (andragogy) dalam podcast Gita Wirjawan bersama Maudy Ayunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten atau isi. Bahan dokumentasi dalam penelitian ini adalah video podcast dengan judul Maudy Ayunda : Kartini Modern Berani Tantang Status Quo[Endgame 53E25] dengan durasi 1 jam 29 menit 15 detik serta diambil dari situs video berbagi youtube. Total dialog yang berkaitan dengan asumsi orang dewasa terdapat 30 poin yang diantaranya memuat tiga asumsi yaitu asumsi kebutuhan pengetahuan, asumsi konsep diri, dan asumsi motivasi. Sedangkan tiga asumsi lain seperti pengalaman, kesiapan belajar serta orientasi belajar tidak mucul. Dari 30 poin dialog yang paling banyak muncul adalah asumsi kebutuhan pengetahuan sebanyak 13 poin, sedangkan poin dialog yang memuat asumsi konsep diri dan asumsi motivasi masing-masing terdapat 9 poin. Tetapi dari ketiga asumsi tersebut seluruhnya berkesinambungan antara satu sama lain.
Downloads
References
Antara, H., Andragogi, P., Minat, D., Orang, B., Majelis, D. I., Bangbang, M., & Surabaya, W. (2022). J + PLUS : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah DI MAJELIS MAIYAH BANGBANG WETAN SURABAYA. 11(1), 77–94.
Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2), 107–135.
Daud, R. M. (2020). Sistem Pendidikan Finlandia Suatu Alternatif Sistem Pendidikan Aceh. A-Raniry, 21–36.
Hakim, A. R. (2021). Insecure Dalam Ilmu Psikologi. 56.
Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial ANDRAGOGI : PARADIGMA PEMBELAJARAN ORANG DEWASA. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Untuk Generasi Milenial, 517–527. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4877/2817
Kamil, M. (2013). Andragogi. Journal Adult Learning, 53, 1689–1699.
Laksono, B. A. (2020). Asumsi Pendidikan Orang Dewasa ( Andragogy ) Dalam Retorika Dakwah KH . Anwar Zahid. 1–8.
Monica, & Prasetya, W. (2015). TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN POTENSI INDIVIDU (STUDI KASUS : Pada PT. Asjaya Indosurya Securities). 1(November), 1–7.
Rangga, M., & Naomi, P. (2007). Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Paramadina). Abmas,79, II, 1–8.
Robiah, S., Darusman, Y., & Hamdan, A. (2022). Penerapan Pendidikan Orang Dewasa Pada Pemberdayaan Masyarakat Tani. 2(1).
Copyright (c) 2023 Ratna Dea Puspita, Bayu Adi Laksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.